Wisata Edukasi Terbaru Bojonegoro, FEB-Belajar Sambil Bermain Bersama Ikan

Wisata Edukasi Terbaru Bojonegoro, FEB-Pelajar Bisa Belajar Sambil Bermain Bersama Ikan

Pertumbuhan wisata di Kabupaten Bojonegoro, semakin pesat. Selain wisata edukasi lingkungan di Desa Mojodeso, Kecamatan Kapas, ada satu lagi wisata edukasi yang bisa dikunjungi pelajar.

Yakni Fiesheries Education Bojonegoro (FEB) di Balai Benih Ikan Desa Mojoranu, Kecamatan Dander. Wisata ini mulai dibuka hari ini, Rabu (15/3/2017).

Di tempat ini para siswa bisa belajar sambil bermain bersama ikan secara gratis. Ada tiga paket wisata di FEB yang ditawarkan yaitu pengenalan pembenihan ikan, budidaya, dan gogo (menangkap) ikan. Pengunjung akan dipandu oleh para petugas penyuluh perikanan tentang perikanan.

Untuk pengenalan pembenihan ikan, pelajar akan dikenalkan berbagai jenis ikan air tawar seperti Ikan lele, gurami, nila, patin, dan tawes, perbedaan induk ikan jantan dan betina, praktek pemijahan induk ikan, serta panen benih ikan.

Sedangkan untuk budidaya ikan, pelajar akan dikenalkan macam-macam kolam ikan seperti tanah, beton, dan fiber, ikan yang dapat dibudidayakan di kolam, serta praktek memberi pakan ikan.

Untuk cara menangkap ikan, pelajar akan dikenalkan cara menangkap ikan di kolam tanah, praktek langsung menangkap ikan. Wisata ini tidak diperuntukan bagi perorangan, melain kelompok. Paling sedikit sebanyak 20 orang, dan paling banyak 60 orang.

Setelah pengunjung mengikuti tiga paket wisata tersebut, mereka dapat membawa pulang souvenir berupa olahan ikan yakni lele asap dan nugget ikan.

“Paket ini untuk pelajar SD. Sedangkan untuk SMP dan SAM akan kita ajari cara membuat pakan ikan mandiri dengan memanfaatkan bahan di lingkungan sekitar,” kata Anita Setyarini, Manajer Pelaksana Edukasi FEB.

Sementara ini FEB dibuka untuk kalangan pelajar. Diharapkan melalui wisata edukasi ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan pelajar tentang dunia perikanan, mulai dari pembenihan, dan budidaya secara dini.

“Ini juga sebagai bentuk untuk mendukung program gerakan memasyarakatkan ikan atau Gemar Ikan,” ujar wanita yang menjabat sebagai Kepala Seksi Budidaya Dinas Peternakan dan Perikanan Bojonegoro ini.

Rencana kedepan, wisata ini akan dibuka untuk masyarakat umum. Selain memberikan edukasi tentang perikanan, di tempat ini akan dibuka kuliner ikan tawar yang diolah beragam bentuk.

“Kita akan evaluasi lebih dulu. Tapi sangat memungkinkan sekali kedepan kita buka untuk umum,” pungkas Anita.

Sumber: bojonegorokab.go.id